QUALITY CONTROL (Kontrol Kualitas)

  • Pengertian Kontrol Kualitas 
Kontrol kualitas merupakan suatu kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan suatu produk melalui proses penelitian, pengembangan serta perancangan suatu produk yang bertujuan untuk memenuhi kepuasan konsumen. kegiatan ini dilakukan oleh team dari kualiti kontrol, akan tetapi tidak terlepas dari kerjasama seluruh karyawan beserta pimpinan dari sebuah perusahaan. 

  • Tujuan Kontrol Kualitas 
Kontrol kualitas sangat berkaitan erat dengan proses produksi. Produksi merupakan suatu proses kegiatan untuk menciptakan, mengolah, serta meningkatkan kualitas dan kuantitas barang dan jasa sehingga dapat memenuhi kebutuhan manusia dalam hal ini adalah konsumen. selain itu, kontrol kualitas juga sangat berperan dalam hal manufakturing suatu perusahaan sehingga setiap kegiatan yang terjadi di suatu perusahaan dapat dievaluasi sehingga akan berjalan menjadi lebih baik. Sehingga, dari pengertian dan peranannya, Aspek yang umumnya diperhatikan dalam kegiatan kontrol kualitas ini adalah sebagai berikut :
  1. Kualitas dari produk dan kegiatan
  2. Cost atau biaya
  3. Delivery (Pengiriman)
  4. Safety (Keselamatan)
  5. Environment (Ramah Lingkungan)
Dapat dikatakan bahwa Kontrol kualitas merupakan aspek yang sangat berperan dalam mengembangkan citra dari sebuah perusahaan. Hal tersebut dapat terjadi karena kegiatan ini memiliki ruang lingkup berupa memelihara dan meningkatkan suatu kualitas dari sebuah produk yang nantinya diharapkan dapat memuaskan pelanggan. Jika kepuasan pelanggan (Konsumen) sudah tercapai kegiatan Produksi dapat berlangsung secara terus menerus.Sehingga, Tujuan dari sebuah Kontrol kualitas adalah melihat letak kelemahan serta kesulitan yang terjadi dalam suatu perusahaan dan dievaluasi menggunakan parameter yang ada (Standar Perusahaan) sehingga kinerja perusahaan lebih efisien.
  •  Prinsip Dasar Kontrol Kualitas 
Prinsip Dasar dari sebuah kegiatan Kontrol kualitas mencakup :
  1. Kualitas yakni merupakan sebuah aspek penting dalam dalam membesarkan citra perusahaan sehingga dengan adanya kualitas yang baik, kepuasan konsumen akan tercapai. 
  2. Kontrol Kualitas dapat dikatakan jiwa dari sebuah perusahaan.
  3. Langkah-langkah yang mencakup kegiatan kontrol kualitas adalah Plan - Do - Check - Action (Deming Circle). 

 
  • Penerapan Kontrol Kualitas 
Penerapan  yang menggunakan kegiatan Kontrol Kualitas dapat dilihat perbandingan dua buah perusahaan berikut


Perusahaan X Perusahaan Y
Riwayat Perusahaan Lama Baru
Biaya Pengolahan Mahal Murah
Lokasi Daerah(Kurang Strategis) Kota(Strategis)
Cara pemikiran Bekerja Menerima apa saja menerima yang bisa saja
Jumlah Karyawan Banyak Sedikit
% Produk NG 2-3% dibawah 1%
 Contoh Penerapan kontrol kualitas dapat dilihat pada tabel diatas, bandingkanlah !!!
 manakah perusahaan yang akan tetap bertahan ???

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BIOTA AIR SUNGAI : PLANKTON DAN BENTOS

Adventures: One spot, distinct landscapes in Merese' Hill